Kanker Serviks : Mematikan Tapi Sering Tak Bergejala. Begini Cara Mencegahnya

Bagi Anda para wanita semua. Anda haru benar-benar mewaspadai momok menakutkan bernama kanker serviks. Semua wanita tanpa terkecuali wanita berisiko terkena penyakit ini.

Tetapi berita baiknya adalah penyakit kanker serviks ini bisa dicegah. Menurut dokter spesialis kandungan dari Rumah Sakit Kramat 128, Dr dr Gatot Purwoto, SpO(K)OnK, kanker serviks bisa dicegah dengan vaksin virus HPV (human papillomavirus).

Sebaiknya proses vaksinasi ini dilakukan sedini mungkin. Karena semakin muda wanita diberikan vaksin, maka akan lebih baik dan dosisnya pun sedikit. Tapi tidak berarti yang usianya sudah di atas 15 tahun sudah tidak baik bila diberikan vaksin.

Intinya, vaksin adalah hal yang wajib Anda lakukan untuk mencegah datangnya kanker serviks. Lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali.

Masih menurut dari dr. Gatot juga, setiap wanita sebaiknya diberikan vaksin, walaupun sudah menikah dan mempunyai anak. Ini karena vaksinasi berfungsi memberikan pertahanan agar virus HPV tak berkembang menjadi kanker serviks.

Bagi Anda yang ingin melakukan vaksin HPV, pemberian vaksin ini akan diberikan berbeda-beda tergantung pada usia berapa Anda melakukannya.

Vaksinasi pada anak usia 9 sampai 14 tahun, dilakukan sebanyak dua kali dalam rentang waktu 6 sampai 12 bulan.

Sedang pada usia 15 sampai 26 tahun, vaksinasi dilakukan sebanyak tiga kali dalam rentang waktu suntikan pertama dan kedua adalah satu sampai dua bulan, sedangkan jarak suntikan ketiga adalah 6 bulan.