Ini Ciri Keputihan Kanker Serviks yang Perlu Diwaspadai

keputihan ciri kanker serviks

Saat ini kanker serviks atau kanker mulut rahim adalah pembunuh wanita nomor dua, paling mematikan di Indonesia. Salah satu alasannya adalah karena sulit dideteksi sejak dini, sehingga penderita baru mengetahui setelah berada pada stadium lanjut. Sebenarnya salah satu deteksi dini bisa lewat ciri keputihan kanker serviks  yang berbeda dengan keputihan biasa.

Keputihan memang umum dialami oleh wanita, karena pada kondisi normal seperti sebelum atau usai menstruasi akan hal itu wajar terjadi. Tapi tidak disertai keluhan lain, beda dengan keputihan pada kanker serviks yang sebenarnya bisa dikenali sebagai awal penyebaran sel kanker tersebut di tubuh wanita.

Ciri Keputihan Pertanda Awal Kanker Serviks

keputihan kanker serviks

Walaupun tidak bisa dideteksi secara dini, beberapa ciri berikut ini mengarah pada fase awal kanker mulut rahim tersebut. Jadi ketika Anda merasakan beberapa kondisi yang sama, maka segeralah memeriksakan kesehatan agar segera dilakukan tindakan yang tepat.

Ciri yang paling banyak dialami penderita kanker ini adalah jumlah cairan keputihan yang jumlahnya lebih banyak dari keputihan biasa, lalu terjadi secara terus menerus tanpa jeda. Padahal Anda sudah selesai menstruasi atau sedang tidak mengalami stres berlebihan.

Selanjutnya ciri-ciri kanker serviks melalui keputihan adalah warna keputihan tidak seperti kondisi keputihan yang wajar. Ada yang berwarna abu-abu, kuning, hingga kehijauan, bahkan pada beberapa kasus keputihan juga disertai bercak darah. Bau keputihan yang dialami juga cenderung menyengat seperti bau asam dan amis.

Baca Juga :

Wanita yang diduga menderita kanker mulut rahim ini juga akan mengalami keputihan dalam jangka waktu lama, bahkan setelah diobati secara maksimal juga tidak kunjung sembuh. Beda dengan keputihan yang biasa itu akan langsung sembuh ketika sudah diobati.

Karena keputihan yang wajar dialami wanita adalah akibat infeksi atau kondisi vagina yang tidak bersih, jadi ketika sudah diberikan obat yang tepat dan dibersihkan secara maksimal maka keputihan tidak akan datang lagi.

Ciri keputihan yang sering dikatakan sebagai penyebab kanker serviks berikutnya adalah disertai dengan wajah pucat dan kondisi fisik yang semakin menurun, salah satu tandanya adalah turunnya kadar Hemoglobin (Hb) di dalam darah. Hal ini pernah dirasakan oleh beberapa penderita kanker tersebut yang akhirnya harus dibiopsi untuk penanganan lebih lanjut.

Gejala Awal Lain Kanker Serviks yang Sering Dirasakan Wanita

gejala keputihan kanker serviks

Selain keputihan tidak normal, wanita juga sering merasakan gejala lain yang sering diabaikan. Padahal itu merupakan tanda dirinya mengalami kanker serviks, diantaranya adalah menstruasi yang tidak berhenti walaupun sudah di luar jadwal normal menstruasi. Kemudian bisa juga nyeri setiap melakukan hubungan intim dengan pasangan bahkan hingga mengeluarkan darah.

Beberapa wanita yang didiagnosis kanker serviks dan sudah mendapatkan pengobatan kanker serviks juga mengakui merasakan gejala seperti durasi buang air kecil yang lebih dari biasanya. Ada juga kram pada bagian bawah perut, serta mudah lelah yang berimbas pada kurang darah akibat sel darah merah yang semakin berkurang jumlahnya.

Gejala awal lainnya adalah kaki yang sering bengkak juga, hal itu disebabkan aliran darah yang tidak pancar dari area pinggul menuju kaki. Sebab sel kanker sudah menyebar ke area pinggul wanita.

Demikianlah ciri keputihan kanker serviks, yang merupakan salah satu tanda awal seseorang menderita kanker mulut rahim. Coba identifikasi diri Anda sendiri atau orang terdekat apakah mereka mengalami gejala tersebut? Jika ada jangan abaikan, segeralah berobat agar penanganan lebih cepat dilakukan dan kesehatan Anda bisa dipulihkan.