Harus Tahu! Ternyata Dampak Merugikan Kanker Serviks Juga Dirasakan Laki-laki

Kanker serviks adalah salah satu pembunuh utama di dunia. Dan bisa dikatakan hampir semua wanita punya risiko menderita kanker yang ada di leher rahim ini.

dr Lysa Suryani Sp PA dalam sebuah acara seminar mengenai kanker serviks menyebutkan bahwa penyakit mematikan ini tak hanya dirasakan dan harus diperhatikan oleh perempuan, tetapi juga laki-laki.

Bagi pasangan suami istri yang menderita bukan hanya istri, karena ternyata suami juga akan terganggu jika leher rahim istri bermasalah.

Banyak hal-hal kecil yang bisa memperparah atau memperbesar risiko seserang mengalami kanker serviks. Hal paling sering diabaikan, padahal penting adalah cebok

Menurut dr Lysa, Cebok yang betul dari arah atas depan, bukan sebaliknya. Kalau cebok dilakukan dari belakang, dikhawatirkan kotoran masuk ke vagina, bisa menimbulkan penyakit.

Selain itu, dr Lysa juga menyinggung mengenai kebiasaan wanita yang menggunakan air rebusan daun sirih untuk cebok. Hal itu dibenarkan oleh dr Lysa karena memang sudah ada penelitian pemanfaatan  daun sirih untuk kesehatan vagina.

Mengenai kebersihan vagina ini dr Lysa juga menyarankan agar wanita tidak menggunakan handuk kecil atau tisu berulang kali untuk membersihkan vagina.

Kanker serviks ini sebenarnya sangat bisa dicegah. Dan pencegahan kanker serviks ini adalah pengobatan yang terbaik untuk menyelamatka nyawa Anda.

Cara terbaik untuk mencegah kanker serviks adalah dengan teratur melakukan pap smear minimal 1 tahun sekali, khususnya untuk perempuan di bawah 60 tahun.

Pemicu utama dari kanker serviks antara lain merokok, infeksi, hamil atau melahirkan di usia sangat muda, perdarahan di luar siklus menstruasi.