Apa Saja Ciri-ciri Kanker Serviks Pada Remaja?

ciri-ciri kanker serviks pada remaja

Kanker serviks bisa terjadi pada siapa saja bahkan wanita yang usianya masih belasan tahun atau remaja. Ciri-ciri kanker serviks pada remaja sebenarnya tidak jauh berbeda dengan wanita dewasa atau mereka yang sudah menikah. Apa sajakah ciri-ciri yang biasanya dialami oleh remaja tersebut?

5 Ciri-ciri Kanker Serviks Pada Remaja

5 ciri-ciri kanker serviks pada remaja di bawah ini merupakan tanda yang cukup mudah dikenali, silahkan disimak:

  1. Keluar Cairan Keputihan Busuk, Kecoklatan, atau Bercampur Darah
cairan ciri-ciri kanker serviks pada remaja

Ciri-ciri pertama yang paling sering terjadi pada kanker rahim adalah keluarnya cairan keputihan yang tidak biasa. Apabila biasanya cairan keputihan lebih berwarna putih, yang ini kecoklatan dan terkadang seperti bercampur darah. Dari segi bau, cairan keputihan juga mengeluarkan bau busuk.

Kejadian ini tidak hanya terjadi sekali atau dua kali saja, sehingga apabila Anda mengalaminya, harap segera hubungi dokter.

  1. Berat Badan Turun
berat badan turun ciri-ciri kanker serviks pada remaja

Berat badan yang turun disebabkan oleh tubuh yang mulai kehilangan kemampuan untuk menyerap makanan. Hal ini biasanya dibarengi dengan penurunan nafsu makan yang perlahan juga menurun.

Tentu saja jika berat badan menurun tidak selamanya merupakan tanda terkena kanker serviks. Ada berbagai penyebab lain yang mungkin bisa membuat Anda kehilangan berat badan. Akan tetapi, apabila terjadi begitu saja tanpa sebab, segeralah hubungi dokter untuk pemeriksaan serta pengobatan kanker serviks.

Baca Juga :

  1. Pendarahan di Luar Siklus Haid

Pendarahan yang terjadi di luar siklus haid harus diwaspadai, karena bisa saja ini merupakan tanda-tanda kanker serviks. Apalagi, jika yang mengalaminya masih belum menikah dan tidak pernah sama sekali melakukan hubungan intim.

Ketika pendarahan terjadi lebih dari sekali, dan Anda tidak tahu penyebabnya apa, ini merupakan peringatan untuk segera menghubungi dokter. Jangan takut akan hasil pemeriksaanya, ketika diketahui di awal prosentase sembuh sangat besar.

  1. Tubuh Mudah Lelah Tanpa Sebab
mudah lelah  kanker serviks pada remaja

Tubuh mudah lelah memang bisa terjadi karena gejala anemia tetapi, bagaimana jika Anda tidak memiliki riwayat anemia? Lalu, ditambah lagi sebelumnya Anda sama sekali belum pernah mengalami hal seperti itu. Bisa jadi, ini disebabkan karena kanker serviks yang masih dalam tahap awal.

Solusinya, jangan menganggap mudah lelah hal yang sepele, dan jangan pula mendiagnosis diri sendiri. Pergi dan segera kunjungi dokter untuk melakukan pemeriksaan lanjut yang jelas terpercaya.

  1. Kaki Bengkak
kaki bengkak mudah lelah ciri ciri kanker serviks pada remaja
Ankle sprain, swelling in the ankle and blue color of the skin, leg on blue towl.

Tanda kanker serviks dari telapak kaki ditunjukan dengan bengkak yang terjadi tiba-tiba. Tidak harus pada dua kaki, bisa hanya pada satu kaki saja dan terjadi tanpa sebab yang jelas.

Rasanya untuk menilai gejala satu ini cukup mudah karena, akan jelas terlihat jika diamati. Anda Pun pasti juga bisa merasakannya sendiri ketika kaki bengkak bukan?

Itu dia tanda-tanda kanker serviks yang biasanya terjadi pada seorang remaja. Ketika mengalami satu diantara tanda-tanda tersebut, jangan panik atau takut. Segera menghubungi dokter adalah langkah yang paling tepat supaya Anda mendapatkan penanganan terbaik.

Ingat, kanker bukanlah sebuah penyakit yang tidak bisa disembuhkan. Apalagi jika masih pada tahap awal, harapan besar untuk sembuh sepenuhnya itu ada.

Penyakit ini memang terdengar menyeramkan tetapi, sebenarnya bisa dicegah. Anda bisa melakukan vaksin HPV yang dilakukan selama 3 kali pada rentang usia 10-13 tahun, bisa juga saat sudah lebih tua. Serta melakukan pemeriksaan pap smear paling tidak sekali dalam 3-5 tahun.

Semoga informasi mengenai ciri-ciri kanker serviks pada remaja di atas bisa membantu Anda ya. Ingat, jangan takut apabila mengalami salah satu gejalanya, semakin cepat diketahui, kemungkinan untuk sembuh semakin besar. Penanganan yang cepat dan tepat sangat berpengaruh bagi kesembuhan Anda.