Cara mengobati kanker serviks secara alami dengan obat herba

obat alami kanker serviks

Pengobatan herbal memang menjadi salah satu pengobatan favorit masyarakat luas, termasuk juga untuk pengobatan kanker serviks. Selain karena sifatnya yang alami, penggunaan obat herbal juga diyakini dapat membantu meringankan gejala kanker serviks.

Tapi, oleh karena sifatnya yang dinilai hanya membantu meringankan, pengobatan kanker serviks secara alami ini biasanya tidak diberikan sebagai pengobatan tunggal.

Umumnya, obat herbal untuk kanker serviks ini akan digunakan bersamaan dengan pengobatan utama.

Hal ini karena belum ada penelitian yang benar-benar teruji secara klinis bahwa ada satu jenis tanaman herbal dapat bekerja efektif untuk mengobati kanker serviks secara alami. Umumnya, obat herbal ini hanya dapat membantu sedikit meringankan gejala kanker serviks yang dirasakan.

Meskipun demikian, obat herbal ini juga tidak bisa Anda lewatkan begitu saja sebagai altenatif pengobatan kanker serviks. Dan berikut ini adalah beberapa obat herbal yang bisa Anda gunakan untuk mengobati kanker serviks secara alami.

1. Kunyit putih

Sesuai namanya, tanaman ini lebih cenderung berwarna putih dengan sedikit warna kekuningan, berbeda dengan kunyit pada umunya yang berwarna kuning cerah.

Hampir semua bagian tanaman kunyit putih dapat digunakan sebagai bahan dasar obat. Rimpang, daun, hingga minyaknya bisa diolah menjadi bahan dasar obat herbal yang biasanya digunakan untuk meringankan kondisi akibat kanker serviks.

Mengutip dari Jurnal Ilmu Kefarmasian Indonesia, kunyit putih termasuk salah satu dari beberapa macam obat herbal yang kerap digunakan sebagai cara mengobati kanker serviks secara alami.

2. Jintan hitam

Obat herbal yang selanjutnya adalah jintan hitam. Jintan hitam ini memiliki bentuk seperti biji-bijian dengan ukuran yang cukup kecil.

Cara menggunakan jintan hitam sebagai obat adalah dengan mengonsumsi ekstrak jintan hitam. Ekstrak jintan hitam ini diketahui memiliki aktivitas antikanker di dalamnya.

Tidak hanya itu, jintan hitam juga mengandung senyawa yang disebut timoquinon yang dapat membantu membunuh sel kanker serviks (Hela), dengan cara kerja seperti apoptosis.

3. Buah mahkota dewa

Buah mahkota dewa ini memiliki ciri khas berupa warna merah yang cantik. Dan ekstrak dari buah ini diyakini mampu membantu meringankan gejala kanker serviks.

Meski ada anggapan bahwa mahkota dewa ini adalah salah satu tanaman yang beracun, tapi nyatanya buah ini justru punya aneka manfaat baik, termasuk dalam hal pengobatan penyakit kanker serviks.

Ekstrak dari buah ini diketahui mengandung senyawa lignin, flavonoid, serta tannin. Ketiga senyawa tersebut dinilai berpotensi untuk perkembangan sel kanker leher rahim di dalam tubuh, karena aktivitas antikanker yang dimiliki.

Baca Juga :

4. Temu putih

Serupa dengan saudaranya, yakni kunyit putih, temu ini juga dapat menjadi salah satu cara mengobati kanker serviks secara alami.

Berdasarkan Review dari Artikel Mengenai Aktivitas Antikanker Serviks, ada 3 tanaman yang dibandingkan. Mulai dari mahkota dewa, buah merah, dan temu putih.

Hasil dari perbandingan tersebut menunjukan bahwa temu putih mengandung senyawa sitotoksis yang paling kuat dalam menghambat perkembangan sel-sel kanker serviks.

Sitotoksis adalah suatu senyawa yang mampu merusak sel kanker, sekaligus menghambat perkembangan tumor.

5. Kemangi

Anda mungkin sudah cukup familiar dengan daun kemangi yang biasanya ada di piring lalapan bersama beberapa sayuran lainnya. Nah, kemangi ini tidak hanya sedap dan wangi, ternyata daun kemangi juga memiliki manfaat kesehatan untuk membantu dalam pengobatan kanker serviks.

Berdasarkan hasil penelitian yang dimuat dalam jurnal Media Farmasi, daun kemangi memiliki kandungan ekstrak etanol yang berpotensi bersifat sitotoksik dan apoptosis.

Oleh karena itu, kemangi termasuk salah satu obat herbal yang mampu menghambat perkembangan sel kanker serviks.

6. Biji sirsak

Biji sirsak bisa digunakan sebagai obat kanker serviks disebabkan oleh adanya ekstrak etanol di dalam biji sirsak. Etanol sendiri diketahui memiliki sifat antikanker yang tentu sangat berguna bagi pasien kanker serviks.

Annoceous acetogenin juga merupakan salah satu senyawa yang ada dalam biji sirsak. Senyawa ini diyakini mampu bekerja efektif untuk menghambat sekaligus membunuh sel kanker secara selektif.

Senyawa annoceous acetogenin ini dapat menyerang tepat pada sel kanker dengan melihat kebutuhan adenosin trifosfat (ATP) tubuh. Ini karena ATP berguna sebagai perantara dalam pertukaran energi antar sel.

Sel kanker sendiri biasanya cenderung akan lebih membutuhkan ATP dalam jumlah yang lebih banyak ketimbang sel normal pada umumnya.