Bagaimana Cara Mengenali Kanker Serviks Stadium 3 ?

kanker serviks stadium 3

Kanker serviks adalah salah satu penyakit paling mematikan bagi wanita, karena menyerang mulut rahim dan kebanyakan tanpa gejala awal yang terdeteksi. Alhasil kebanyakan wanita sudah didiagnosa berada pada kanker serviks stadium 3 atau lebih, yang mengharuskan pengobatan tertentu untuk mencegah penyebaran sel kanker tersebut.

Pada stadium satu dan dua, kanker serviks sering tidak bisa diidentifikasi kecuali dilakukan pemeriksaan intens. Sedangkan stadium tiga yang sudah cukup serius, sudah mulai terasa tanda yang jelas karena sel kanker sudah tersebar cukup luas.

Tanda Kanker Serviks Stadium 3

ciri ciri kanker serviks stadium 3

Pada stadium tiga penyebaran sel kanker sudah berada pada vagina bagian bawah bahkan ada yang sudah mencapai dinding panggul, sehingga beberapa gejala bisa dirasakan penderita. Jika cepat tanggap maka Anda bisa segera menindaklanjuti dengan berkonsultasi dengan ahli kesehatan. Lantas apa saja tandanya.

  1. Seperti dijelaskan dalam www.honestdocs.id, tanda yang dirasakan adalah terjadinya pendarahan yang tidak normal, seperti berdarah setiap usai berhubungan intim dengan pasangan, atau saat menjelang menopause yang merupakan kondisi yang beda dari keadaan normal.
  2. Keputihan yang tingkat keganasannya cukup tinggi, seperti warna keputihan yang kekuningan, berbau, gatal dan tidak kunjung sembuh walau sudah diobati secara klinis. Hal ini merupakan dampak dari Penyebab kanker serviks yang sulit dideteksi.
  3. Dirasakannya nyeri panggul yang berlebihan dan tidak kunjung sembuh, meskipun sudah berobat ke dokter saraf sekalipun.
  4. Perut bagian bawah terasa sakit, bisa di bagian kiri atau kanan yang menandakan penyebaran sel kanker sudah berada di dekat ginjal. Dampak buruknya adalah fungsi ginjal tidak lagi maksimal bahkan pada beberapa kasus, ginjal pasien sudah tidak bisa berfungsi lagi akibat diserang sel kanker.
  5. Perdarahan pada cairan urine yang merupakan tanda sel kanker sudah menyentuh bagian kandung kemih.
  6. Nyeri pada bagian panggul ketika sel kanker sudah menyebar pada bagian panggul, begitu juga nyeri punggung ketika penyebaran semakin melebar ke area punggung. Pencegahan kanker serviks makin menyebar pada kondisi ini memang butuh perawatan intensif.

Baca Juga :

Bisakah Kanker Serviks Stadium 3 Disembuhkan?

pengobatan kanker serviks stadium 3

Dari penelitian yang dilakukan Cancer Research UK yang dikutip www.hellosehat.com sekitar 40 persen penderita kanker serviks stadium 3 bisa bertahan hidup sampai lima tahun lebih. Tergantung upaya yang dilakukan untuk menyembuhkannya, karena banyak juga penderita yang bisa sembuh dengan berbagai cara yang dilakukan.

Misalnya melakukan berbagai terapi yang dianjurkan oleh dokter yaitu terapi radiasi menggunakan sinar X dengan kekuatan maksimal untuk mematikan sel kanker yang ada di dalam tubuh. Karena dengan cara yang tepat kanker serviks stadium 3b bisa sembuh, walau butuh waktu yang cukup panjang.

Ada yang namanya brachytherapy dengan memberi sinar X pada sel kanker dari dekat, ada juga yang namanya external beam radiation brachytherapy dengan menyinari sel kanker menggunakan sinar X kekuatan tinggi dari luar tubuh pasien.

Terapi lain yang sering dilakukan untuk membunuh sel kanker serviks stadium 3, adalah kemoterapi yang dikolaborasikan dengan terapi radiasi atau disebut kemoradiasi. Sesuai dengan kondisi kesehatan pasien contohnya saat melakukan kemoradiasi dibarengi dengan radiasi dari luar.

Ada juga pengobatan meditasi yang pernah dilakukan pesohor Indonesia Titiek Puspa sebagai salah satu cara melawan kanker serviks yang dideritanya. Anda juga bisa melakukan selama paham cara melakukan meditasi dan durasi yang dibutuhkan, sebab masing-masing pasien memiliki kemampuan sembuh berbeda tergantung daya tahan tubuhnya.

Demikianlah beberapa tambahan wawasan bagi Anda tentang kanker serviks stadium 3, yang sudah masuk stadium lanjut dan butuh banyak pengobatan untuk mengendalikan hingga menyembuhkannya. Jadi ada baiknya sejak dini lakukan pemeriksaan rutin agar terhindar dari kanker yang sudah sulit disembuhkan.