6 Ciri-Ciri Kanker Serviks yang Perlu Diwaspadai Sejak Dini

Kanker serviks adalah satu jenis kanker yang terjadi di sel-sel serviks, serviks adalah bagian bawah rahim yang terhubung ke vagina. Penyebab umum dari terjadinya kanker serviks ini adalah virus human papillomavirus (HPV) dan infeksi menular seksual.

Penting untuk Anda ketahui bahwa kanker serviks ini adalah pembunuh nomor 2 wanita di dunia. Dan sayangnya, gejala awal dari kanker serviks stadium awal memang sulit dikenali.

Umumnya, kanker serviks stadium awal sering kali tidak menimbulkan keluhan atau ciri-ciri apa pun. Bila pun muncul, ciri-cirinya tidak khas dan bisa menyerupai ciri-ciri penyakit lain.

Kenapa kanker serviks ini sangat mematikan adalah karena sering kali penderita terlambat ditangani karena ciri-ciri yang tidak disadari. Padahal, bila kanker serviks stadium awal dapat terdeteksi sejak dini dan segera diobati, peluangn kesembuhannya akan sangat besar.

Nah, supaya Anda tidak terlambat mendapatkan penanganan, pada artikel kali ini Kami akan membahas gejala awal kanker serviks yang bisa Anda jadikan indikasi awal.

1.Mudah Lelah

Ciri awal yang sering muncul saat seseorang menderita kanker serviks mudah lelah. Hal ini terjadi akibat terjadinya pendarahan yang tidak normal pada vagina, sehingga lama kelamaan tubuh mengalami kekurangan sel darah merah atau anemia, yang membuat tubuh menjadi cepat lelah.

Rasa lelah biasanya akan berlangsung setiap saat dan tidak hilang meskipun Anda sudah beristirahat cukup.

2. Frekuensi Buang Air Kecil Meningkat

Seseorang yang menderita kanker serviks biasanya akan mengalami frekuensi buang air kecil yang meningkat. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh sel kanker yang tumbuh mengelilingi leher rahim, lalu menyebar hingga ke kandung kemih.

Karena sistem reproduksi wanita ada di dekat kandung kemih dan uretra, tumor atau pembengkakan bisa mengakibatkan gejala yang mirip dengan infeksi saluran kemih seperti rasa terbakar atau sakit saat buang air kecil, sering dan kesulitan buang air kecil.

3. Pembengkakan Kaki

Terjadinya pembengkakan di kaki atau kaki terasa nyeri adalah ciri-ciri kanker serviks yang cukup mudah untuk dikenali.

Hal ini terjadi karena sel kanker menekan pembuluh darah di panggul, sehingga menghambat sirkulasi ke kaki. Akibatnya, terjadi timbunan cairan yang membuat kaki menjadi bengkak.

4. Keluar Urine atau Feses dari Vagina

Ketika sudah dalam stadium lanjut, kanker serviks bisa mempengaruhi fungsi vagina. Ketika hal ini sudah terjadi, maka akan timbul kebocoran urine atau keluarnya tinja dari vagina.

Kebocoran ini bisa terjadi akibat terbentuknya fistula antara vagina dan saluran kemih, atau fistula ani antara vagina dan anus, sehingga urine dan feses dapat keluar melewati vagina.

5. Kehilangan Nafsu Makan

Wanita yang terkena kanker serviks akan mengalami penurunan atau bahkan kehilangan nafsu makan. Ini terjadi dikarenakan penyebaran sel kanker yang membuat tubuh sulit menerima asupan makanan. Selain itu, penurunan berat badan drastis yang tidak diketahui penyebabnya, juga sebaiknya Anda curigai sebagai gejala kanker.

6. Nyeri Punggung

Yang terakhir adalah rasa nyeri yang menyeranf punggung bawah dan panggul. Nyeri punggung yang berulang adalah ciri-ciri kanker serviks yang harus Anda waspadai. Jika rasa nyeri yang muncul mulai terasa lebih dekat dengan usus buntu, itu berarti kanker serviks sudah mencapai pada tahap yang lebih lanjut.

Tapi Anda jangan langsung putus asa ketika Anda sudah divonis kanker serviks. Karena sejatinya kanker serviks ini bisa disembuhkan. Kami tim Nusa Herbal akan sangat senang jika bisa membantu Anda untuk bisa sembuh dari kanker serviks yang Anda derita.

Untuk mewujudkan impian tersebut, Kami berikan Nusa Herbal Kanker Serviks. Kapsul herbal yang sudah menjadi alternatif kesembuhan bagi banyak klien Kami yang lain. Segera hubungi kami via telfon atau whatsApp ke nomor 0853-2999-0002 untuk melakukan pemesanan dan konsultasi.