5 Metode Pengobatan Kanker Serviks

Kanker serviks atau yang lebih dikenal sebagai kanker mulut rahim menduduki salah satu penyakit kanker yang paling banyak diderita di dunia. Secara global menduduki peringkat ke lima dan urutan tertinggi di negara berkembang.

Menurut data Kementerian Kesehatan RI jumlah penderita kanker serviks mencapai 90 sampai dengan 100 kasus untuk per 100.000 jumlah penduduk dengan 40.000 kasus baru setiap tahunnya.

Melihat data di atas kami rasa perlu untuk memberikan informasi apa saja jenis dan metode pengobatan kanker serviks yang dapat dilakukan seandainya sewaktu-waktu Anda perlukan.

1. Radioterapi

radioterapi untuk pengobatan kanker serviks

Salah satu metode pengobatan untuk menyembuhkan kanker serviks adalahmetode radioterapi. Pasien yang menggunakan metode ini akan menjalani pengobatan dengan penyinaran radiasi tinggi.

Radioterapi biasa digunakan untuk pengobatan kanker serviks stadium awal sampai stadium lanjut.

Terdapat dua jenis radioterapi yaitu eksternal dan internal seperti yang dikutip dari alodokter berikut ini:

  • Radioterapi eksternal menggunakan alat bernama (EBRT) External Beam Radiation Therapy dimana pasien akan disinari radiasi tinggi.
  • Radioterapi internal adalah metode radioterapi dimana implan radioaktif dimasukkan di dalam area vagina untuk membunuh sel-sel kanker yang ada.

2. Kemoterapi

kemoterapi untuk pengobatan kanker serviks

Mungkin Anda sudah sering mendengar nama metode ini. Kemoterapi adalah pengobatan kanker dengan metode pemberian obat dengan cara diminum atau disuntikkan ke tubuh pasien.

Kemoterapi biasa digunakan untuk mendampingi radioterapi untuk meningkatkan keefektifan pengobatan.

Karena dalam kemoterapi obat menyebar ke seluruh bagian tubuh maka metode ini dapat menjadi pilihan efektif untuk melawan jaringan kanker yang telah tersebar ke beberapa bagian tubuh pasien.

Efek samping dari Kemoterapi yang paling umum adalah kerontokan pada rambut walaupun tidak semua obat kemoterapi memberikan efek ini, kemudian kemungkinan kerusakan ginjal dan sel penghasil darah .

3. Operasi

operasi untuk pengobatan kanker serviks

Metode operasi adalah salah satu yang sering dilakukan untuk mengobati kanker serviks. Tujuan operasi adalah untuk mengangkat sel kanker yang ada di tubuh pasien.

Metode operasi untuk mengobati kanker serviks ini terdiri dari beberapa jenis yaitu:

  • Konisasi. Yaitu pembedahan untuk mengangkat sel kanker yang masih awal atau yang masih kecil menggunakan pisau, laser, atau sebuah kawat yang diberi aliran listrik.
  • Histerektomi Lokal.  Pengangkatan sel kanker yang belum keluar dari area serviks. Area rahim dan leher rahim akan diangkat.
  • Trakelektomi. Pada operasi ini dilakukan sebagian pengangkatan dari bagian atas vagina dan dan serviks namun tetap mempertahankan sebagian besar rahim. Sehingga Anda akan masih berkemungkinan untuk memiliki keturunan.
  • Pengangkatan Panggul. Operasi ini dilakukan jika sel kanker sudah menyebar sampai keluar area leher rahim. Dalam metode ini bagian leher rahim sampai kelenjar getah bening akan diangkat.

Baca Juga :

4. Terapi Target

terapi target untuk pengobatan kanker serviks

Metode ini adalah salah satu pengobatan kanker menggunakan obat dimana obat yang digunakan berbeda dengan yang digunakan saat kemoterapi.

Obat yang digunakan bertujuan untuk menghambat perkembangan sel kanker dari membentuk jaringan baru di pembuluh darah.

Obat yang digunakan adalah obat golongan penghambat angiogenesis seperti bevacizumab dan sejenis. Efek samping dari metode terapi target antara lain hilangnya nafsu makan, hipertensi, dan badan terasa lemas.

5. Terapi Imun

terapi imun untuk pengobatan kanker serviks

Terapi imun adalah pengobatan kanker menggunakan sistem kekebalan tubuh atau imun dari dalam tubuh pasien itu sendiri. Pada terapi ini menggunakan bahan yang berasal dari dalam tubuh maupun luar tubuh.

Tujuannya adalah untuk memberikan stimulus agar membentuk sistem kekebalan atau pertahanan dari dalam tubuh untuk melawan sel kanker.

Penyakit kanker terutama kanker serviks memang masih menjadi salah satu penyakit berat yang banyak diidap di Indonesia.

Kami yakin Anda pun ingin selalu sehat dan jauh dari penyakit ini. Tetapi tidak ada salahnya untuk Anda selalu bersiap bila sewaktu-waktu Anda atau kerabat Anda membutuhkan pengobatan kanker serviks.

Semoga penjabaran kami mengenai apa saja metode pengobatan kanker serviks  ini dapat membantu menambah informasi bagi Anda.