Skip to content

5 Makanan Pemicu Kanker Serviks, Hati-Hati!

makanan penyebab kanker serviks

Banyak jenis makanan yang bisa Anda makan, tapi tidak semuanya aman. Karena beberapa yang ternyata bisa memicu kanker serviks. 

Awal mula terbentuknya sel kanker di serviks karena terjadi mutasi di DNA. Mutasi sel ini terakumulasi dan menjadi tumor. Jika ganas, bisa berubah menjadi kanker.

Agar Anda terhindar dari kanker serviks yang mematikan ini, berikut adalah jenis makanan yang mulai sekarang harus Anda hindari atau minimal kurangi. 

1. Junk food yang meningkatkan risiko kanker

Orang yang rutin mengonsumsi makanan siap saji memiliki risiko kolesterol yang lebih tinggi, penyempitan pembuluh darah, dan memicu kanker.

Penyebabnya bukan pada MSG atau penguat rasa di makanan, tapi lebih ke kalori yang terlalu tinggi. Saat kalori terlalu tinggi, maka jadi pemicu obesitas dan di situlah sel kanker bisa tumbuh. 

Karena saat kegemukan, bukan hanya lemak yang bertambah namun sistem hormon juga berubah. Sedangkan hormon leptin dan lainnya bisa menjadi pemicu kanker. 

2. Protein yang dibakar

Melansir dari laman resmi Direktorat Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Kemenkes RI, kandungan pada protein pada ayam, ikan dan daging bisa bereaksi dengan suhu tinggi. 

Jika makanan ini diproses dengan cara dibakar, maka pembakaran tersebut bisa membentuk senyawa karsinogenik. Nah, senyawa ini yang bisa merusak komposisi DNA dalam gen manusia dan menjadi pemicu perkembangan sel kanker. 

Untuk mengurangi pembentukan senyawa karsinogenik, kamu bisa memarinasinya dengan bumbu dan menghindari memasaknya dalam suhu tinggi dalam waktu yang lama. 

Baca Juga :

3. Alkohol yang bisa memicu banyak jenis kanker

Dalam penelitian terbaru, ditemukan bahwa alkohol bisa merusak DNA sel induk yang bertanggung jawab untuk memproduksi darah baru. 

Kerusakan DNA ini akan menyebabkan kematian sel dan sekaligus memicu mekanisme perbaikan alami tubuh. Jika DNA tersebut tidak diperbaiki dengan benar, maka bisa jadi pemicu kanker. 

4. Makanan yang tinggi lemak

Lemak hewani memang bisa meningkatkan rasa sebuah makanan. Sayangnya, mengonsumsi makanan yang berlemak tinggi justru akan meningkatkan risiko kanker. 

Perubahan sel karena konsumsi lemak ke dalam tubuh bisa meningkatkan risiko terbentuknya tumor. Jika diteruskan, maka tumor ini bisa memicu terbentuknya sel kanker.

5. Mengonsumsi makanan yang tinggi pengawet

Saat ini, banyak makanan siap saji yang memudahkan menu harian. Mulai dari bakso siap saji, sosis, nugget, dan menu lainnya. Sayangnya, makanan ini memiliki kandungan pengawet yang cukup tinggi. 

Makanan yang berpengawet tinggi bisa memicu terjadinya kanker. Menurut penelitian, setiap 10% peningkatan konsumsi makanan tinggi pengawet bisa meningkatkan risiko kanker sebanyak 12%.

Untuk itu, penting sekali memilih jenis menu sehat sebagai menu sehari-hari. Penuhi kebutuhan serat, nutrisi, dan vitamin serta mineral agar imunitas tubuh terbentuk sempurna dan pemicu kanker bisa ditekan.