4 Gejala Kanker Serviks Stadium Awal yang Harus Segera Anda Obati

Kanker serviks atau kanker leher rahim ini adalah salah satu jenis kanker yang paling banyak ditemui pada wanita di seluruh dunia, terutama di negara-negara berkembang seperti Indonesia. Kanker serviks ini bisa sangat mematikan jika penderitanya menyepelekannya.

Namun, walaupun bisa sangat mematikan, sebenarnya kanker serviks juga bisa disembuhkan. Pengobatan sedini mungkin adalah faktor utama yang bisa menentukan sembuhnya kanker serviks ini.

Perlu Anda ketahui bahwa terjadinya penyakit kanker serviks ini berjalan sangat lambat dengan bermula dari terdapatnya perubahan pada displasia. Displasia itu sendiri yaitu perkembangan sel atau jaringan yang berkembang secara tidak normal dan hal ini merupakan tanda dari bermulanya suatu kanker terbentuk.

Karena terbentuknya sangat lambat, maka jika sudah mulai terasa gejala awal dari kanker serviks, segera obati dan nyawa Anda pun bisa diselamatkan sejak awal.

Lalu, apa saja gejala awal dari kanker serviks ini ? berikut ini adalah 4 gejala awal kanker serviks.

1.Keluar darah dari vagina

Apabiila Anda secara tiba-tiba mengeluarkan darah atau bercak darah dari vagina, padahal Anda sedang tidak dalam masa haid, maka hal tersebut bisa jadi merupakan gejala awal kanker serviks stadium 1. Biasanya, perdarahan ini terjadi ketika Anda selesai berhubungan seksual.

Pendarahan yang terjadi ini disebut dengan karsinoma serviks kurang lebih sekitar 75% sampai 80%. Darah yang keluar dari vagina Anda tadi biasanya berwarna merah terang dan bentuk darah tersebut bisa cair maupun juga dapat menggumpal. Perdarahan juga bisa terjadi pada anus jika sel kanker yang ada ditubuh Anda sudah mulai menyebar.

Karsinoma serviks adalah kanker yang berada dan tumbuh pada sel – sel yang ada di leher rahim. Dan gejala ini saat pertama kali muncul tidak akan ketahuan dan seringkali ketahuan saat sudah mulai menyebar pada bagian yang lainnya.

Sebelum terjadi pendarahan, karsinoma serviks ini biasanya sering ditandai dengan siklus haid yang menjadi tidak teratur, kemudian sering terjadinya penyaluran sekret vagina serta mengalami perdarahan saat sedang haid atau menstruasi.

2.Nyeri panggul

Apakah Anda akhir-akhir ini merasakan sakit atau nyeri di area panggul? Jika iya, Jangan anggap remeh nyeri panggul tersebut!

Nyeri di area panggul ketika memasuki masa haid mungkin adalah hal yang biasa. Namun, kalau Anda merasakan nyeri panggul ini ketika melakukan hubungan seks dengan pasangan, maka nyeri panggul yang Anda rasakan ini adalah hal yang tidak normal dan bisa jadi gejala awal kanker rahim.

3.Keputihan berlebih

Keputihan merupakan satu hal yang normal dan pasti dihasilkan vagina pada setiap wanita. Tapi, ada kalanya keputihan tidak normal dan bisa menjadi indikasi suatu gangguan kesehatan.

Keputihan dikatakan tidak normal adalah keputihan yang timbul berwarna hijau atau kuning ke hijauan dan juga berbau yang busuk dan disertai dengan gatal pada bagian alat kelamin.

Bau busuk yang ditimbulkan ini terjadi akibat adanyanya infeksi atau juga bisa terjadi karena nekrosis jaringan. Nekrosis jaringan yaitu jaringan – jaringan yang sudah mati dan tidak dapat berfungsi kembali. Selain itu jika nekrsis jaringan ini tidak segera di atasi maka dapat menjalar ke bagian yang lainnya.

Jika Anda mengalami keputihan yang tidak wajar ini, sebaiknya segera menghubungi dokter untuk konsultasi, dan melakukan pengecekan secepatnya untuk meminimalkan risiko kanker serviks yang berbahaya.

4.Sulit buang air besar

Coba Anda perhatikan, apakah belakangan ini Anda sulit buang air besar (BAB) ? kenapa kami bertanya seperti ini.

Hal ini karena jika Anda mengalami sulit BAB, kondisi ini mungkin saja menandakan kalau Anda mengalami kanker serviks. Ketika kanker serviks sudah tumbuh cukup besar, benjolan kanker dapat menekan usus Anda dan membuat Anda sulit BAB.