Fakta Tentang Penyakit Kanker Serviks Dan Jenisnya

Fakta Tentang Penyakit Kanker Serviks Dan Jenisnya - Sampai sekarang, penyakit kanker serviks masih merupakan jenis penyakit kanker pada wanita terbesar di dunia. Penyakit kanker serviks sangat berpotensi menyebabkan kematian. Pada tahun 2005, tercatat 250.000 kematian akibat kanker serviks. WHO pun menyebutkan penderita kanker serviks terus meningkat dari tahun ke tahun. Berapa banyak penderita kanker servik di tahun ini?

 

Diperkirakan kematian akibat penyakit kanker serviks akan terus meningkat sebesar 25% dalam kurun waktu 10 tahun mendatang. Hal itu sangat mungkin terjadi jika tidak ada kesadaran dari dalam diri manusia untuk melakukan tindakan pencegahan dan penatalaksanaan yang tepat dan sungguh-sungguh.

 

Apa itu penyakit kanker serviks?

 

Penyakit kanker serviks adalah salah satu jenis keganasan, kerusakan dan perkembangan sel yang tidak normal pada serviks (daerah leher rahim atau mulut rahim). Penyakit kanker serviks banyak disebabkan oleh infeksi virus HPV (Human Papiloma Virus).  

 

HPV adalah DNA virus yang menimbulkan proliferasi pada permukaan epidermal dan mukosa. Infeksi virus HPV sering ditemukan pada wanita yang masih melakukan aktivitas seksual. Beberapa bukti menunjukkan bahwa virus HPV ditemukan sebagai penyebab kanker serviks.

 

Virus HPV sangat mudah menular, bahkan bisa menular hanya melalui interaksi kulit. Namun, penularan yang paling sering adalah melalui kontak genital yang meliputi hubungan seks baik itu genital-genital, manual-genital, maupun oral-genital.

 

Ada berapa jenis penyakit kanker serviks?

 

Kanker serviks dapat digolongkan secara histopatologi (pembagian berdasar tingkat sel) menjadi beberapa empat jenis, yaitu karsinoma sel skuamosa, adenokarsinoma, karsinoadenoskuamosa, dan tumor mesenkim. Jenis yang paling umum ditemui adalah jenis karsinoma sel skuamosa dan adenokarsinoma.

 

Demikianlah artikel tentang Fakta Tentang Penyakit Kanker Serviks Dan Jenisnya. Dengan pengetahuan ini setidaknya Anda bisa mengetahui betapa bahayanya penyakit kanker serviks. Semoga Anda sekeluarga bisa sembuh dan terhindar dari penyakit kanker serviks. Semoga bermanfaat.

 

 

ALAMAT KANTOR

Jl. Brantak Sekarjati No.29,

Welahan, Jepara, Jawa Tengah,

Indonesia - 59464

 

Teguh Santoso

081232227444 / 085641034444

infopusat5@gmail.com

Klik WhatsApp

 

PIN D8036388

 

 

 

Alam Kurniawan

085329990002 / 085726726002

kotakpesan1@gmail.com

Klik WhatsApp

 

PIN D187ABB3

 

 

WAKTU LAYANAN

Senin-Sabtu, pukul 08:00-16:00 WIB

Minggu & tanggal merah, kami libur.

Harap buat janji sebelum datang